Jumat, 19 Mei 2017

Cara membuat artikel yang benar

Assalamualaikum wr.wb

Ya, di blog gua kali ini, gua akan memberi informasi tentang cara membuat artikel yang baik dan benar.

Bagi para blogger seperti lo semua tentunya sangat penting untuk membuat artikel yang baik dan menarik di baca kan? maka dari itu nyok simak cara-cara berikut ini. (yeeeeeeee) :v








Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang 
baik, benar, serta menarik?

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan :

1. Panjang tulisan

Tulislah sepanjang Anda memerlukannya. Tulislah sepanjang bisa mengurai semua apa yang ingin Anda sampaikan. Tidak kurang, tidak lebih!
Seringkali Anda bisa memangkas kalimat dan kata-kata yang tidak perlu, buang saja. Buat tulisan tetap simpel, namun bisa menyampaikan isi dengan baik. Tulislah sepanjang apapun, atau sependek apapun, jika mampu memberi solusi nyata dengan tuntas, itu adalah artikel yang bagus. Penggunaan kata dan kalimat yang tidak perlu, justru tidak membuat artikel itu menjadi lebih bagus.
2. Tata bahasa dan ejaan


Belajarlah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik (gua sendiri masih belajar).
Namun, hal ini tidak juga berarti Anda harus secara ketat menggunakan tata bahasa dan ejaan yang sangat baku. Menulis dengan terlalu berpatokan dengan tata bahasa dan ejaan yang baku secara ketat, juga bisa membuat tulisan menjadi sangat ‘kaku’ dan monoton.
Tanda baca juga tidak boleh dilupakan.

3. Ringan dibaca


Penggunaan tata bahasa, ungkapan, istilah, perumpamaan, atau ejaan yang tidak tepat dan berlebihan akan cepat membuat pengunjung blog berhenti membaca seketika. Menjaga tulisan agar tetap ringan dan mudah dicerna menjadi sesuatu yang sangat sangat penting.



4. Topik


Tentu saja, topik adalah sesuatu yang penting dalam sebuah tulisan. Tulislah tentang apa yang Anda sukai, tentang apa yang Anda merasa nyaman dengan topik tersebut.


5. Gaya bahasa


Menulis dengan cara dan gaya penulisan yang dimengerti dengan baik oleh audiens Anda adalah hal yang penting lainnya. Pemahaman orang berbeda-beda dalam mencerna sebuah tulisan, di situ lah perlunya Anda menyesuaikan tulisan dengan audiens Anda.

6. Intonasi

Seperti halnya bahasa verbal, bahasa tulisan pun memiliki intonasi, tergantung tujuan penulisnya. Ada nada positif, ada nada memerintah. Ada intonasi yang menyindir, ada yang damai, ada yang bersahabat, ada yang konfrontatif, berseberangan, vulgar, terkesan ditutupi dan lain sebagainya.Sesuaikan intonasi dengan tujuan penulisan.




Nah, menurut gua itu tadi merupakan cara membuat artikel dengan benar dan menarik. Semoga bermanfaat :)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Diberdayakan oleh Blogger.

Tugas Produk Makanan

Cari Blog Ini

Slider

BTemplates.com

Facebook

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support